5 Kiper Legenda MU Terbaik Sepanjang Masa

Kiper Legenda MU

Manchester United adalah salah satu klub raksasa Eropa yang telah memiliki sejarah panjang. Klub ini telah berkali-kali mengukir prestasi yang membanggakan di sepanjang pertandingan di Liga Utama Inggris. Hal ini, tentunya tak lepas dari para kiper legenda Mu yang baik dalam menjaga gawangnya.

Oleh sebab itu, tak heran jika para kiper MU banyak dipuja oleh para penggemarnya. Berikut dibawah ini, nama-nama kiper Mu terbaik sepanjang masa.

1. Peter Schmeichel

Peter Schmeichel telah menjaga gawang Manchester United sejak tahun 1991. Kiper yang lahir di Gladsaxe, Denmark ini berulang kali disebut sebagai kiper terbaik yang pernah dimiliki oleh MU. Uniknya, selain mampu menjaga gawang MU dengan baik, Schmeichel pernah menyumbangkan satu gol untuk tim dari 292 pertandingan yang diikutinya.

Di Liga Premier Inggris, Schmeichel telah berhasil menyumbangkan 5 trofi kepada tim setan merah. Tak hanya itu, kiper legendaris MU ini juga berhasil membawa setan merah meraih gelar di Liga Champions.

READ  5 Pemain Legendaris Liverpool yang Menakjubkan

2. Fabian Bathez

Fabian Barthez adalah kiper terbaik yang pernah dimiliki oleh MU selanjutnya. Pemain ini direkrut langsung oleh mantan pelatih MU Sir Alex Ferguson sejak tahun 2000. Awalnya, kiper asal Prancis ini direkrut sebagai pengganti Peter Schmeichel yang akan pensiun dari MU.

Saat masih bermain untuk MU, Barthez bersama pemain MU yang lain telah berhasil memberikan dua trofi kemenangan untuk klub. Kedua trofi tersebut didapatkannya dalam laga yang dijalani MU saat bertanding di Liga Premier Inggris musim 2000/2001 dan 2002/2003.

3. Alex Stepney

Alex Stepney adalah salah-satu kiper legenda MU dengan penampilan terbanyak sepanjang masa yakni sebanyak 539 pertandingan. Penampilannya tersebut merupakan rekor yang belum pernah dipecahkan oleh kiper-kiper lain sepanjang sejarah Manchester United. Saat diboyong ke Old Trafford dari Stamford Bridge, Stepney memecahkan rekor nilai transfer termahal dengan harga 55 ribu poundsterling.

READ  Deretan Bek Kiri Terbaik Dunia yang Merupakan Benteng Tim

Kiper yang lahir pada 18 September 1942 ini, telah berhasil membuat MU ke masa kejayaannya. Stepney telah bermain bersama MU selama 12 tahun yakni dari tahun 1966 sampai tahun 1978. Kiper ini juga berhasil menyumbangkan dua gol untuk MU dari 433 pertandingan yang dilakukannya.

4. Gary Bailey

Di era 80-an, MU memiliki penjaga gawang berbakat bernama Gary Bailey. Pemain yang satu ini merupakan anak asuhan dari penjaga gawang MU sebelumnya, Alex Stepney. Berkat asuhan yang baik dari Stepney, Bailey pun juga turut menjadi salah-satu kiper terbaik yang pernah dimiliki oleh MU.

Dari 294 laga yang dijalaninya, Bailey berhasil membawa klub tersebut menang di Piala FA 1983 dan 1985. Selain menjadi penjaga gawang di MU, kiper ini juga pernah dipercaya untuk membela tim nasional Inggris di era 80-an.

READ  5 Kiper Legenda AC Milan Terbaik dengan Kemampuan Di Atas Rata-Rata

5. Edwin Van der Sar

Saat mengawali karirnya di MU, publik banyak yang meragukan kemampuannya untuk menjaga klub yang bermarkas di Old Trafford tersebut. Hal ini dikarenakan usianya yang telah cukup tua untuk menjadi kiper di Liga Utama yaitu 35 tahun. Diperparah, Van der Sar juga sempat turun level dengan bermain di klub yang kecil.

Keraguan itu pun musnah, saat Van der Sar menunjukan taringnya saat menjaga gawang MU dengan sangat baik. Pemain ini pun berhasil mencetak jumlah clean sheets terbanyak selama 11 pertandingan berturut-turut. Saat Van der Sar menjaga gawang MU, tim pun berhasil menang di 4 pergelaran Liga Premier dan 1 Liga Champions.

Itulah tadi nama-nama kiper legenda MU terbaik sepanjang masa yang telah berhasil membawa tim ini mencapai masa kejayaannya. Para kiper tersebut memiliki gaya bermain yang berbeda-beda, sehingga menjadi ciri khas yang sulit untuk ditiru.

You May Also Like

About the Author: Marvel Potter