Profil Irfan Bachdim Sang Gelandang Keturunan Belanda

Profil Irfan Bachdim

Irfan Haarys Bachdim atau akrab dipanggil Irfan Bachdim adalah salah satu pemain sepakbola Indonesia yang populer. Bachdim merupakan warga Indonesia keturunan Belanda yang telah menetap di Belanda selama 20 tahun. Saat ini, Bachdim bergabung dalam klub sepakbola PSS Sleman. Berikut adalah profil Irfan Bachdim selengkapnya. 

Masa Kecil dan Awal Mula Karier

Irfan Bachdim merupakan orang Indonesia yang memiliki Ibu berdarah Belanda. Ia menghabiskan masa kecilnya di Malang bersama keluarganya. Pada tahun 1980-an, Bachdim dan keluarga pun pindah ke Belanda. Sampai sekarang, keluarga Bachdim masih menetap di Belanda. Irfan Bachdim menghabiskan sekitar 20 tahun di negara Kincir Angin itu. 

Bachdim memulai karir sepakbolanya dengan bergabung bersama tim pemuda Ajax. Ajax adalah salah satu klub besar dan hebat di Belanda. Tidak lama setelah itu, Bachdim transfer ke SV Argon dan menjadi top skorer meskipun bermain di posisi gelandang. Hal ini membuktikan talentanya yang sudah dikenal sejak kecil. 

READ  Profil Matts Hummels Pemain Hebat Asal Jerman

Setelah menghabiskan waktu di SV Argon, Bachdim bermain untuk FC Utrecht. Bachdim juga pernah mencoba untuk bergabung dengan tim nasional Indonesia U-23. Saat itu, tim nasional Indonesia U-23 sedang berlatih di Belanda. Namun, kesempatan itu gagal saat Bachdim cedera sehingga tidak bisa berpartisipasi.

Berlabuh di Rumput Indonesia 

Irfan Bachdim menyelesaikan kontrak dengan FC Utrecht pada tahun 2009. Ia pun menjadi free agent dan bergabung dengan HFC Haarlem. Meskipun sudah memiliki tim, Bachdim tetap memiliki keinginan untuk bermain di rumput Indonesia. Ia pun mengikuti audisi untuk Persib Bandung dan Persija Jakarta. Namun, kedua klub belum tertarik padanya. 

Keinginan Bachdim tercapai pada tahun 2010. Ia akhirnya mendapatkan kontrak dengan Persema Malang. Saat itu, Persema Malang sedang dilatih oleh Timo Scheunemann yang pernah melihatnya bermain. Bachdim pun resmi bermain di Indonesia. Ia pun menunjukkan performa baik di Persema Malang dan mulai menarik perhatian penggemar sepakbola Indonesia. 

READ  Profil Yann Sommer, Seorang Kapten Sekaligus Penjaga Gawang Kebanggaan Swiss

Membela Tim Nasional Indonesia 

Meskipun profil Irfan Bachdim yang terlihat seperti warga negara asing, ia sebenarnya merupakan warga negara Indonesia. Bachdim memiliki paspor Indonesia sejak kecil sehingga tidak harus melalui proses naturalisasi. Hal ini memberikannya hak untuk membela tim nasional Indonesia pada pertandingan internasional. 

Awalnya, Bachdim mengalami beberapa masalah bersama Persema Malang. Perdebatan antara PSSI dan Persema Malang membuat Bachdim nyaris tidak bisa membela negaranya. Namun, Bachdim tetap loyal terhadap Persema Malang dan memperpanjang kontrak. Kabar baik juga datang dari PSSI yang tetap memperbolehkan Bachdim bermain untuk Tim Garuda. 

Irfan Bachdim semakin dikenal masyarakat karena performanya yang gemilang. Ia membela Indonesia di berbagai pertandingan internasional dan juga 2010 AFF Championship. Parasnya yang cakap juga menjadikannya bintang iklan untuk berbagai merk. Namun, karir Bachdim tidak hanya sampai titik ini saja. 

READ  Profil Anthony Martial Si Pemuda Bernilai Tinggi

Irfan Bachdim berpindah ke klub Thailand Chonburi FC setelah hengkang dari Persema Malang. Ia juga pernah membela klub Jepang Ventforet Kofu dan Hokkaido Consadole Sapporo. Namun, Irfan Bachdim kembali ke Indonesia dan bergabung dengan Bali United. Saat ini, ia membela klub kesembilan dalam karirnya, yaitu PSS Sleman. 

Demikian profil Irfan Bachdim yang merupakan salah satu pemain sepakbola terkenal di Indonesia. Meskipun tidak muda lagi, pemain berusia 32 tahun ini masih bisa diandalkan di lapangan. Melihat tubuhnya yang masih prima, rasanya perjalanan Irfan Bachdim masih akan panjang. Oleh karena itu, prestasinya selalu ditunggu di liga sepakbola Indonesia.

You May Also Like

About the Author: Marvel Potter