Profil Miswar Saputra, Kiper Hebat Asal Tanah Rencong

Profil Miswar Saputra

Bagi pecinta sepakbola Indonesia mungkin sudah tidak asing dengan pemain bernama Miswar Saputra, pemain sepakbola profesional Indonesia yang lahir di Aceh. Profil Miswar Saputra menarik untuk diketahui. Sejak karir profesionalnya menjadi pemain sepakbola Miswar sudah berkali kali berganti klub. Mulai dari klub lokal tempat lahirnya hingga klub besar di Indonesia lainnya.

Profil Miswar Saputra dan potret di luar lapangan

Lahir di Aceh pada tanggal 19 April 1996 mempunyai tinggi 1,83 m cukup ideal untuk menjadikannya sebagai penjaga gawang. Jika dihitung hingga saat ini usia Miswar baru menginjak 24 tahun. Usia yang masih cukup muda bagi pemain sepakbola. Tentu saja di usia yang masih muda ini Miswar bisa terus berkembang.

Dalam kesehariannya Miswar terlihat sering mengenakan pakaian warna hitam dan juga berpakaian casual. Terlihat sangat modis, sungguh berbeda jika dibandingkan dengan kegarangannya di dalam lapangan hijau.

READ  Profil Matts Hummels Pemain Hebat Asal Jerman

Diluar lapangan, mantan pemain PSSB BIREUN tersebut juga terkenal sebagai sosok yang santun, rendah hati juga setia kawan. Terutama dengan kawan-kawannya sesama pemain yang berasal dari Aceh.

Selain itu Miswar juga sangat sayang terhadap orang tuanya. Terbukti dari beberapa unggahan foto di media sosial Instagramnya sering kali nampak foto bersama orang tuanya yang terlihat sangat romantis.

Awal Karir Miswar Saputra

Miswar Saputra memulai karir profesionalnya pada tahun 2015 bergabung bersama tim asal Aceh yaitu PSSB BIREUN. Saat membela PSSB Miswar hanya tampil sebanyak 5 pertandingan.

Pada musim 2016 Miswar berpindah tim namun masih berasal dari klub lokal yaitu Persiraja Banda Aceh. Ketika bergabung bersama Laskar Rencong sudah barang tentu Miswar berharap mendapatkan jam terbang lebih banyak. Namun penampilannya justru tidak lebih banyak dibanding ketika masih berseragam PSSB. Dengan tim yang berkandang di stadion harapan bangsa tersebut, Miswar hanya tampil sebanyak 2 pertandingan.

READ  Profil Anthony Martial Si Pemuda Bernilai Tinggi

Bergabung dengan Persebaya

Pada musim 2017 Miswar bergabung bersama tim besar asal Ibukota Jawa Timur yaitu Persebaya Surabaya. Kala itu Persebaya masih bermain di Liga 2, kompetisi kasta kedua dalam sepakbola Indonesia. Dalam awal karirnya bersama Persebaya, Miswar langsung menjadi pilihan utama pelatih saat itu. Pada musim 2017 ini juga Miswar berhasil membawa Persebaya menjadi juara Liga 2 dan promosi ke kasta tertinggi sepakbola Indonesia yaitu Liga 1.

Pada musim keduanya bersama Persebaya, karir pemain dengan nomor punggung 33 tersebut semakin cemerlang. Terbukti dengan dijulukinya sebagai raja clean sheet karena berhasil mempertahankan keperawanan gawangnya selama 10 pertandingan. Di tahun yang sama Miswar juga sempat dipanggil untuk memperkuat timnas U-23 dalam ajang anniversary cup asuhan Luis Milla.

READ  Profil Andres Iniesta dan Perjalanan Karirnya

Namun kebersamaan Miswar dan Persebaya tidak berlangsung lama. Pada akhir musim 2019 setelah membawa Persebaya menjadi runner-up Liga 1 2019, pemain asal Aceh tersebut keluar dari Persebaya. Sebenarnya Persebaya masih membutuhkan jasanya dan Miswar pun masih betah di Persebaya. Namun diantara keduanya tidak menemui kesepakatan dalam kontrak.

Akhirnya Miswar memutuskan hengkang dan bergabung bersama tim asal Sulawesi Selatan yaitu PSM Makassar. Sebenarnya Miswar sempat dikaitkan dengan mantan timnya dulu yang kini juga sudah promosi di Liga 1 yaitu Persiraja Banda Aceh, namun pada akhirnya Miswar bergabung bersama PSM.

Namun karena kondisi pandemi yang melanda dunia, kompetisi sepakbola di dunia dihentikan tak terkecuali di Indonesia, sehingga Miswar belum dapat menampilkan permainan terbaiknya bersama PSM di kompetisi musim 2020. Meskipun begitu Miswar masuk Proyeksi Timnas Indonesia U-23 asuhan pelatih asal Korea selatan Shin Tae Yong untuk ajang SEA GAMES 2021.

You May Also Like

About the Author: Brad Ebonny