Profil Yann Sommer, Seorang Kapten Sekaligus Penjaga Gawang Kebanggaan Swiss

Profil Yann Sommer

Yann Sommer merupakan seorang pesepakbola berkebangsaan Swiss dan berada di posisi sebagai penjaga gawang.  Saat ini Yann Sommer bergabung dengan Borussia Monchengladbach yang merupakan klub asal Jerman. Penasaran dengan profil Yann Sommer?  Simak ulasannya berikut ini :

Profil Singkat Yann Sommer

Yann Sommer lahir di Swiss tepatnya kota Morges pada tanggal 17 Desember 1988. Pria berusia 32 tahun ini merupakan salah satu kiper top dari Swiss. Dengan tinggi 183 cm, tentu posisi penjaga gawang memang sangat pas untuknya. Memang bakat menjadi penjaga gawang sudah mengalir dalam tubuh Yann Sommer. Ternyata ayah dan kakek dari Yann Sommer, dulunya juga merupakan seorang penjaga gawang.

Fakta uniknya, ternyata Sommer juga berasal dari keluarga ahli pencicip makanan. Selain itu, Sommer juga ternyata mahir bermain gitar dan juga mahir di bidang fashion juga lho. Sangat berbakat. Kiprahnya di dunia sepak bola memang luar biasa. Saat menjadi penjaga gawang, Sommer sangat lihai dalam membaca arah bola. Dirinya sangat lihai dalam mempertahankan gawang. Tentu saja, dengan hal ini, Sommer banyak diincar dimana-mana.

READ  Profil Matts Hummels Pemain Hebat Asal Jerman

Bakatnya sebagai penjaga gawang memang sudah ada sejak usia 8 tahun. Saat itu Sommer bersekolah di sekolah sepak bola FC Herrliberg. Di Latihan pertamanya, Sommer langsung jatuh cinta sebagai penjaga gawang, sehingga dirinya langsung berdiri di bawah gawang.

Perjalanan Karir Sepakbola Yann Sommer

Perjalanan awal Sommer di bidang sepak bola dimulai ketika dirinya masuk FC Herrliberg. Setelah berada di di FC Herrliberg, Sommer pindah masuk ke FC Basel di tahun 2003. Selama 3 tahun Sommer mengembangkan bakatnya di FC basel.

Pada musim 2006/2007, Sommer berhasil debut di tim senior FC Basel. Di sela-sela debutnya bersama FC Basel, Sommer 2 kali menjadi pemain pinjaman klub lain. Musim 2007/2008, sommer dipinjamkan kepada klub FC Vaduz. Lalu di musim 2009/2010, Sommer dipinjam kepada klub Grasshopper.

READ  Profil Andres Iniesta dan Perjalanan Karirnya

Saat berada di FC Vaduz,  Sommer menunjukkan keterampilannya dengan membawa Vaduz bisa masuk Liga utama Swiss. Selain itu, Sommer juga menorehkan prestasi dengan 50 penampilannya bersama Vaduz. Sedangkan di Grasshopper, Sommer tampil sebanyak 33 kali.

Karir Klub Yann Sommer

Berada dalam 2 klub pinjaman dimaksudkan untuk menambah jam terbang dari Yann Sommer. Ternyata peminjamannya ke 2 klub tersebut membuahkan hasil yang baik. Tahun 2010, tepatnya bulan Juni,  FC Basel menambah kontrak Sommer selama 5 tahun. Puncak prestasinya, Sommer bahkan meraih gelar Golden Player Award di posisinya sebagai penjaga gawang.

Saat berada di FC Basel, Sommer juga meraih prestasi dalam 170 laga yang dimainkannya. Dalam 170 laga tersebut menorehkan 65 clean sheet dan 170 kebobolan. Namun, setelah kontrak 5 tahun, ternyata FC Basel melepas Sommer. Tidak ada perpanjangan kontrak bagi Sommer. Tetapi, di tahun 2014 Sommer sudah menandatangani kontrak dengan klub Jerman Borussia Monchengladbach.

READ  Profil Irfan Bachdim Sang Gelandang Keturunan Belanda

Sebelum itu, mulai tahun 2012, Yann Sommer dipanggil masuk sebagai salah satu pemain timnas Swiss. Penampilannya yang apik membawa Sommer menjadi seorang kapten untuk timnas Swiss. Sommer terus berpartisipasi dengan timnas Swiss , terutama saat ajang piala dunia 2014. Profil Yann Sommer sebagai kapten sangat dipuja-puja.

Saat berada di klub Borussia Monchengladbach, Sonmer memiliki kontrak hingga tahun 2023 mendatang. Bahkan di tahun 2016, Sommer menyabet gelar Man of The Match UEFA. Yann Sommer juga pernah dilirik klub besar Arsenal.

Nah, itulah profil Yann Sommer. Saat ini Yann Sommer menjadi penjaga gawang andalan dari Swiss. Prestasinya menjadi penjaga gawang memang tidak main-main. Apalagi dirinya juga pernah menjadi seorang kapten timnas. Hebat dan patut dijadikan figur idola!

You May Also Like

About the Author: Marvel Potter